Kompetisi Essay 2nd ASEAN Youth Social Journalism 2021

Kuliahan.com| Halo sahabat kuliahan.com, bagi anda yang memiliki hobi dibidang Jurnalistik atau ingin mengasah kemampuan menulis anda, anda bisa mencoba Kompetisi Essay 2nd ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021. Selain anda bisa mengasah kemampuan menulis dan mencari jam terbang waktu menulis anda, anda juga akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai hingga USD 1.000. Hadiah ini bisa membantu anda dalam hal pembiayaan kuliah anda.

2nd ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021

Jika kita melihat dari judul kompetisi atau lomba ini, maka ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021 merupakan ajang kedua yang suda diluncurkan. Program ini diluncurkan oleh Asean Foundation untuk mengutarakan pendapat terkait masalah sosial selama pandemi Covid19 di negara-negara Asean.

Selain itu juga, kompetisi ini terselenggara karena dukungan dari ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY) bersama dengan ASEAN Secretariat, Kedutaan Besar Irlandia, ASEAN-USAID PROSPECT, proyek kolaborasi antara U.S. Agency for International Development (USAID) dan U.S. State Department.

Tema Essay Kompetisi

Tema dari 2nd ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021 adalah “#ASEANYouth and COVID-19 ─ Response, Recovery, and Resilience”.

Lomba ini diperuntukan kepada anda, pemuda/i ASEAN yang berbakat untuk berbagi dan mempromosikan pesan berbasis fakta dan menarik tentang pentingnya pemuda ASEAN di garis depan dalam upaya memerangi pandemi Coronavirus Disease (COVID-19).

Jika anda ingin mengikutinya anda wajib membentuk sebuah tim yang terdiri dari 2 (dua) anggota. Pada program ini anda berkesempatan masuk diantara 20 pemuda terpilih dari 10 negara anggota ASEAN untuk berpartisipasi dalam virtual workshop.

Hadiah Lomba

Perlu anda ketahui ada total hadiah yang banyak untuk para pemenang. Anda akan mendapatkan uang tunai sebesar USD 1.000 untuk juara pertama, USD 750 untuk juara kedua, dan USD 500 untuk juara ketiga.

Persyaratan Pendaftaran Lomba

  1. Pendaftar merupakan social journalist yang berasal dan berada di negara-negara ASEAN antara lain Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Viet Nam. Catatan: Perlu anda ketahui bahwa jika anda merupakan karyawaan tetap sebuah media atau Jurnalis profesional maka anda tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi ini.
  2. Pemuda ASEAN yang tertarik mendaftar dapat membentuk sebuah tim yang terdiri dari 2 orang dari negara yang sama. Usia peserta antara 18 s/d 30 tahun per tanggal 26 April 2021.
  3. Pendaftar harus memiliki kemampuan berbahasa asing karena para finalis yang terpilih harus mampu berkomunikasi bahasa Inggris secara lancar (lisan maupun tulisan).
  4. Pendaftar harus memiliki akun gmail atau facebook aktif saat mendaftar yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelatih atau peserta lainnya.

Prosedur dan Timeline Pendaftaran

Berikut ini prosedur pendaftaran kompetisi Essay yang harus anda ikuti:

  1. Anda harus membuat essay dengan panjang maksimum 500 kata dan ringkasannya yang sudah termasuk ide campaign (maksimum 300 kata) pada tema “#ASEANYouth and COVID-19 ─ Response, Recovery, and Resilience”, penjelasan tema, mengapa hal tersebut penting bagi pemuda di ASEAN, bagaimana relevansinya dengan kehidupan anda. Ringkasan anda kerjakan harus menjawab pertanyaan berikut:
    – What is the problem you are trying to solve with your campaign?
    – What evidence do you have that there is a problem?
    – What is your target audience?
    – What qualifies you to be listened to by the target audience?
    – How will your campaign contribute to solving the problem?
    – What will be the expected tangible results of the campaign?
  2. Pada form Pendaftaran, silahkan tulis daftar referensi pendukung untuk publikasi atau sumber pendukung informasi pada artikel essay anda. Referensi tersebut bisa dalam format apapun, seperti teks, foto, infografik serta audio/video.
  3. Lengkapi Formulir Pendaftaran pada link berikut: bit.ly/AYSJ2021. Silahkan anda Upload berkas dokumen yang diperlukan
  4. Batas waktu pendaftaran Kompetisi Essay 2nd ASEAN Youth Social Journalism 2021 sampai dengan 14 FEBRUARI 2021 pukul 23:59 WIB.

Timeline Pendaftaran 2nd ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021

Berikut ini timeline program 2nd ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021

  1. Batas waktu pendaftaran: 14 FEBRUARI 2021
  2. Review essay dan formulir pendaftaran oleh juri panel serta pemilihan finalis tiap negara: 15 Februari s/d 15 Maret 2021
  3. Pemberitahuan, proses wawancara, dan verifikasi para social journalists yang terpilih: 16 s/d 25 Maret 2021
  4. Seleksi satu tim teratas tiap negara: 26 Maret s/d 9 April 2021
  5. Pengumuman Top 20 social journalists yang terpilih: 12 s/d 16 April 2021
  6. Pelaksanaan virtual social journalism workshop: akhir April 2021
  7. Pelaksanaan proposal campaign oleh 20 finalis: Mei s/d Juni 2021
  8. Pengumuman tiga tim pemenang teratas dan pemberian hadiah: Agustus 2021
ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021
ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021

Kontak Resmi

Untuk informasi lebih lanjut silahkan anda baca pada website resm atau Silahkan anda bertanya kepada kontak resmi jika anda memiliki pertanyaan:

Email: secretariat@aseanfoundation.org
Sumber Informasi Resmi: Asean Foundation

Demikian informasi yang bisa kami bagikan kepada anda. Silhakan bagikan kepada sahabat atau keluarga anda yang memiliki minat pada menulis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan komentar